Cara Mengembalikan File yang berubah menjadi Shortcut

Posted by

Cara Mengembalikan File yang berubah menjadi Shortcut – File berubah menjadi shortcut? Iya hal itu baru gue alami beberapa waktu lalu, ntah kenapa tiba–tiba aja file yang ada di laptop berubah semua menjadi shortcut, mana file itu merupakan file penting. Pengen bikin dari awal lagi males bener, butuh waktu yang lama juga. Mencoba mencari pencerahan gue coba aja tanya sama mbah google, kata si mbah biasanya hal ini menimpa flashdisk yang abis dicoloki ke kompi banyak virus, gue inget inget lagi mungkin yang nyebabin file gue berubah jadi shortcut karena flashdisk yang gue colokin ke laptop banyak virusnya. Emang itu flashdisk suka gue colok ke mana-mana.
http://leonardfresly.blogspot.com/

Hal pertama yang harus dilakuin kalau kena virus shortcut begini tentu ngilangin virusnya dulu. Scan aja make antivirus yang ada di kompi atau laptop, lebih bagus lagi sih kalau antivirusnya udah terupdate. Kalau udah ngilangin tuh virus, mari sekarang masuk ke cara ngembaliin file yang berubah menjadi shortcut:

  • Pertama-tama delete dulu file atau folder yang berubah menjadi shortcut dan sizenya jadi kecil, biasanya 2kb.
  • Lalu buka Command Prompt pada kompi atau laptop caranya klik Start, lalu pilih menu Run, Ketik CMD pada menu tersebut lalu enter.
  • Sekarang udah masuk ke tampilan Command Promt. Buka drive yang menyimpan file yang berubah menjadi shortcut tadi. Caranya ketik drive diikuti dengan titik dua. Contoh E:
  • Ketik "dir" lalu tekan enter. Perintah dir berfungsi untuk munculin file dalam drive yang dipilih tadi. Kalau foldernya gak ketemu ketik "dir/a" lalu enter.
  • Kalau folder dicari udah muncul. Ketik perintah "attrib -s -h -r /s /d", Oiya ketiknya gak usah make tanda kutip. Selesai deh, cek kembali file folder yang tadi berubah menjadi shortcut.

Sekian Cara Mengembalikan File yang berubah menjadi Shortcut yang dapat gue berikan kepada kalian. Bagi yang ingin bertanya atau menambahkan bisa melakukannya pada kolom komentar, semoga artikel gue dapat memberikan informasi. Bila dirasa berguna dan ingin mendapatkan update artikel pada blog gue bisa bergabung dengan melakukan join this site.




Blog, Updated at: 12:23 AM

0 komentar:

Post a Comment